
Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yanag kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajarn lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.
Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kmetensi Lulusan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pembelajaran yang baru dimunculkan pada sekolah penggerak. Pada tahun ajaran 2022/2023 mulai berlaku Kurikulum Merdeka yang juga menerapkan P5.
Pelaksanaan P5 di SMA Negeri 2 Pacitan menggunakan sistem blok yaitu 1 minggu penuh sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. Perhitungan waktu pelaksanaan P5 dalam 1 tahun 486 jam pelajaran atau 30% dari alokasi total jam pelajaran. Terdapat 3 Projek dalam 1 tahun, sehingga tiap projek memiliki alokasi waktu 162 JP.
Dalam satu tahun memilih tiga tema yang harus di projekan, 3 projek tersebut yaitu:
➢ Proyek 1 dengan tema kewirausahaan,
➢ Proyek 2 dengan tema kearifan lokal,
➢ Proyek 3 dengan tema bangunlah jiwa dan raganya.
SMA Negeri 2 Pacitan melaksanakan kegiatan P5 dimulai dengan kunjungan ke GEOPARK Pancer Door Pacitan. Siswa diberikan materi tentang bebatuan koleksi di GEOPARK. Dari kegiatan tersebut siswa langsung pelaksanaan action membuat AQUA SCAPE yang dilaksanakan di sekolah. Praktek membuat AQUA SCAPE di dampingi oleh Bapak Ibu guru wali kelas masing-masing.



294,125 total views
kalau boleh tahu pelaksananan p 5 itu mudah atau tidak
Pengembangan program p5 yang tertuju pada penguasaan materi sepertinya tidaklah rumit asalkan dukungan menjamin dan paham. Bagus kerena penuh penguatan yang sesuai dengan kerakter
Apakah tema p5 di sma berbeda dngan tingkat SD???
Proyek penguatan profil pelajar Pancasila, bagian dr pendidikan karakter yg berorientasi pd pendekatan proses bukan tujuan ataupun output / produk. P5 dpt mengasah skill / keterampilan siswa bahkan life skill yg dibutuhkan dlm era jesejagadan skrg, yg fokus PD keunggulan komparatif.
Izin bertanya, untuk pemilihan minimal 3 tema dalam 1 tahun, apakah 3 tema yang telah di pilih tersebut berlaku untuk semua tingkatan (kelas 7 dan 8) atau masing² tingkatan kelas harus memilih 3 tema projek yang berbeda? karena kebetulan sekolah kami sekolah kecil dan untuk tahun ajaran baru yg menerapkan kurikulum merdeka adalah kelas 7 dan kelas 8. Terima kasih mohon jawabannya????
Izin bertanya, untuk pemilihan minimal 3 tema dalam 1 tahun, apakah 3 tema yang telah di pilih tersebut berlaku untuk semua tingkatan (kelas 7 dan 8) atau masing² tingkatan kelas harus memilih 3 tema projek yang berbeda? karena kebetulan sekolah kami sekolah kecil dan untuk tahun ajaran baru yg menerapkan kurikulum merdeka adalah kelas 7 dan kelas 8. Terima kasih mohon jawabannya
7 tema dilaksanakan selama proses pembelajaran di satu fase ya. Kl 7 (2/3 tema), kl 8 (3 tema) kl 9 (2/1 tema) …. begitukah?
tergantung masuk tahap mana sekolah tersebut. pada tahap awal dan berkembang minimal 3 tema untuk 1 satuan pendidikan. untuk tahap lanjutan 3 tema untuk tiap kelas
Bolehkah sekolah memilih 6 tema dalam setahun…dengan rincian 3 tema di semester ganjil dan 3 tema di semester genap….mohon pencerahannya
Boleh, kan minimal 2 tema untuk SD, 3 tema untuk SMP dan SMA